Minggu, 27 Maret 2016

10 TEMPAT DI KYOTO YANG WAJIB DIKUNJUNGI

Sepulang dari Kyoto, saya punya segudang cerita yang ingin saya tulis. Sampai sekarang, saya belum bisa move on dari Kyoto. Karena liburan kemarin saya cukup banyak berkunjung ke banyak tempat, jadi saya ingin merekomendasikan 10 tempat di Kyoto yang wajib kamu kunjungi. Saya juga akan sedikit cerita pengalaman saya tentang tempat-tempat berikut.

1. Arashiyama Bamboo Grove & Tenryu Ji

Seperti di post sebelumnya, saya menulis lebih detail tentang Arashiyama Bamboo Grove. Tempat ini adalah rekomendasi tempat nomor satu versi saya jika kamu ingin berkunjung ke Kyoto. Selain karena alasan pribadi yang menemukan momen yang nyaman, tetapi juga karena ada beberapa tempat wisata dalam satu kompleks, ibarat suasana alamnya dapat, ada kuil yang menyatu dengan Japanese garden, lengkap deh. Oh ya, menurut tour guide yang memandu kami, Japanese garden di sini adalah Japanese garden tertua di Jepang lho. Jangan lupa, kalau sempat dan ada budget, sewalah kimono untuk dipakai jalan-jalan, agar sekaligus benar-benar merasakan nuansa Jepang tempo dulu.





2. Fushimi Inari Taisha

Wah, kalau tempat ini sepertinya sangat terkenal ya dengan ratusan orange gatenya yang khas dijadikan latar foto para pengunjung yang datang. Bahkan, berdasarkan salah satu survei di internet, Fushimi Inari adalah tempat wisata terfavorit di Kyoto. Kemudahan aksesnya dari stasiun terdekat dan dari stasiun besar Kyoto juga menjadi salah satu nilai plus untuk tempat ini. Tak jarang, kalau musim libur tiba kita harus rela berdesak-desakan dengan pengunjung lain.

3. Gion

Kalau saya bilang, belum ke Kyoto kalau belum ke Gion. Gion adalah salah satu kawasan geisha di Kyoto. Letaknya di Shijo dori, tapi masuk ke gang kecil lagi. Suasana di gion ini benar-benar mengingatkan saya pada budaya Jepang tempo dulu. Menjelang malam tiba, dan kalau sedang beruntung, kamu bisa berpapasan dengan geisha yang berjalan menuju tempat kerja. Jangan heran juga jika kamu mendengar alunan alat musik khas Jepang di sepanjang jalan ini. Atau lampion-lampion merah dan toko souvenir. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Gion adalah waktu petang menjelang malam. Cantik sekali. 


4. Byodo-In

Tempatnya agak jauh dari stasiun Kyoto, tepatnya di daerah Uji. Mungkin karena faktor jarak salah satunya, tempat ini tidak begitu ramai dibandingkan dengan Fushimi Inari dan Arashiyama. For your information, gambar Byodo-in diabadikan dalam koin 10 yen. Lebih dari itu, Byodo-in menawarkan suasana kuil yang tenang dengan nuansa dominan pada kuilnya berwarna oranye merah. Di sini juga ada museum Byodo-in yang menjelaskan sejarah Budha di Jepang. Tempat ini juga merupakan salah satu rekomendasi saya karena tempatnya yang sejuk di dekat gunung. Daerah Uji adalah daerah yang terkenal dengan matcha green tea. Maka dari itu, di sepanjang jalan menuju Byodo-in banyak toko oleh-oleh yang menjual beraneka makanan yang terbuat dari matcha green tea.


5. Kiyomizu Dera

Kalau berencana pergi ke tempat ini, saya sarankan datang saat musim semi atau musim gugur. Soalnya kemarin saya ke sana saat musim dingin jadi pohon-pohonnya gundul alias cuma ada ranting-ranting coklat aja. Tapi, kalau datangnya waktu autumn atau spring bagus banget. Berada di atas bukit, secara harfiah kiyomizu berarti air suci. Di kuil ini juga ada air sumur yang dianggap suci untuk meminta jodoh hehehe. Uniknya, kuil ini konon katanya dibuat dengan bahan-bahan alami dan tidak menggunakan paku. Ngga tau juga sih, saya ngga merhatiin sampe segitunya. Di dekat kuil juga ada pagoda yang biasanya dikunjungi oleh orang-orang yang ingin memiliki keturunan. 






6. Kinkaku Ji

Sebetulnya, bangunan yang dilapisin dengan emas itu merupakan vila milik emperor yang ditujukan untuk tamu yang datang. Tempatnya kecil, dan ada Japanese gardennya juga. Jadi saran saya ngga usah lama-lama di sini. 45 menit cukup untuk foto-foto plus jalan-jalan santai. 





7. Nishiki Market

Nishiki market ini bukan tempat wisata lho, tetapi tempat kuliner, seperti pasar yang isinya makanan. Cocok banget bagi kamu yang siang-siang kelaparan hehehe. Banyak penjual tempura dan makanan trandisional di Nishiki market. Saya beruntung menemukan minuman segar yang dijus langsung dari bauhnya, segaaaar. Saya salut dengan penataan pasar tradisional ini yang bersih dan rapi. 






8. Nara Park

Meskipun bukan Kyoto, kalau kamu punya waktu lebih, sempatkanlah berkunjung ke Nara Park yang luas banget ini. Di dalam Nara Park banyak spot-spot tempat bagus seperti kuil Big Budha dan taman rusa. Untuk mengelilingi Nara Park, perlu satu hari penuh yang memang dikhususkan untuk kesini.







9. Manga Museum

Bosan dengan kuil? Mainlah ke Manga museum karena semua komik seperti one piece dan conan lengkap di sini. Sayangnya, semuanya ditulis dalam bahasa Jepang huhuhu. Tempatnya cozy banget enak buat baca-baca. Desain arsitekturnya juga unik jadi malah ngga kelihatan seperti museum.


10. Kyoto International Community Center

Agar lebih mengenal budaya Jepang, mampir ke sini tidak ada salahnya. Waktu itu kami bebas memilih mau bikin lentera, japanese sweet, hairpin, atau menjahit. Saya memilih membuat lentera, karena yang saya rasa menarik dan bisa dibawa pulang, tapi ternyata semua peserta juga membawa hasil yang mereka buat hihihi. Seru lho merasakan langsung membuat souvenir khas Jepang. 

Yang jelas, kalau kamu cuma sehari dua hari berkunjung ke Kyoto, berat rasanya kalau harus mengunjungi semua tempat-tempat di atas. Tentukan prioritas tempat-tempat yang memang ingin kamu kunjungi di Kyoto. 

2 komentar:

  1. ceritanya sekolah sambil jalan2 ya pit ;) hihi

    BalasHapus
  2. Huwaaaa bagus bagus banget futunya
    Dan buahnya kok ya seger seger ya
    Kuilnya memancarkan aroma magis
    Aihhh pengen lah aku ke jepang ahhahhai

    BalasHapus