Rabu, 23 Desember 2015

RADIO

Bagi saya, radio tak hanya sekadar hiburan, tapi juga teman. Sejak SMP saya mulai mendengarkan radio. Awalnya radio hanya pengisi hiburan saat lampu mati, karena nggak bisa nonton tv. Lalu saya ingat ibu saya berbincang dengan bapak, mereka bilang kalau zaman dulu tidak ada hiburan kecuali radio. Televisi hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu.
Saya lama-kelamaan terbiasa mendengarkan radio. Apalagi waktu itu acara di tv ngga ada yang menarik, jadi saya memilih tiduran di kamar sambil dengerin radio. Dengerin orang yang berkirim salam.
Pas banget, di sekolah ada radio sekolah, yang mana penyiarnya para siswa. Banyak yang berikirim-kirim salam kepada teman, yang sayangnya lebih banyak salam untuk gebetan. Isu dan gosip sekolah juga acapkali diketahui siswa-siswa yang rajin dengerin radio. Biasanya ada si a berkirim salam ke si b, trus besoknya jadi gossip deh. Yang ngga dengerin radio jadi ketinggalan berita. Nama radionya ‘Pas FM’, singkatan dari ‘Plumpang Satu FM’.
Masuk ke SMA, saya masih terbiasa dengerin radio sebelum berangkat ke sekolah. Mendengarkan radio di pagi hari sudah jadi kebiasaan saya waktu itu, semacam memberi semangat. Saya mengubah frekuensi radio saya menjadi ‘Si FM’, radio gaul Tuban.
Lambat laun saya jadi update lagu-lagu terbaru.
Saat kuliah, saya ternyata masih lebih suka dengerin raio dari pada playlist mp3 sendiri. Rasanya kalau dengerin radio berasa ada temannya, ada penyiarnya gitu kan yang ngomong jadi berasa ada orang lain yang lagi nemenin kita belajar. Saat kuliah, saya mengganti lagi frekuensi radio saya, ‘Gen FM’, radio gaul Jakarta. Lho, bukannya saya kuliahnya di Bandung? Kenapa dengerin radio Jakarta? Aneh ya, padahal di Bandung sendiri banyak radio radio lain seperti ardan atau prambors. Tapi entah ya saya lebih suka streaming gen fm, apalagi program semangat pagi, penyiarnya Kemal TJ bodor-bodor dan kocak banget. Paling suka juga ada salah sambung dan gino dan sugimin.
Bagi saya yang notabene anak rantau dan ngga punya tv, radio adalah teman di kala apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar